Berita

    Hal yang Perlu Dicek dari Wiper Mobil di Musim Hujan.

    Memasuki musim hujan yang tengah melanda hampir sebagian besar wilayah Indonesia. Mau tak mau pengemudi harus menyiapkan beberapa hal secara matang agar tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman meskipun saat hujan. Salah satunya dengan cek wiper mobil. 

    Wiper mobil sendiri merupakan alat yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil bagian depan secara otomatis. Meskipun terdengar sepele, nyatanya alat ini sangat penting untuk berkendara selama musim hujan.

    Pentingnya Cek Wiper Mobil Saat Musim Hujan

    Untuk itu, pastikan wiper mobil Anda masih layak dipakai. Berikut ini beberapa hal yang perlu dicek dari wiper mobil di musim hujan: 

    • Kondisi karet wiper mobil

    Hal pertama Anda wajib mengecek kondisi karet wiper mobil. Pastikan karet wiper mobil masih lentur dan normal. Sebab, karet wiper yang lentur juga dapat membersihkan kaca depan mobil secara sempurna. 

    Namun, jika ternyata kondisinya aus, getas, atau mengeras, sebaiknya gantilah dengan karet wiper mobil yang baru. Sebab karet wiper yang bermasalah dapat merusak kaca mobil.

    • Gerakan wiper mobil

    Cek juga bagaimana gerakan wiper mobil apakah masih normal dan cepat? Jika ternyata lambat, sebaiknya bersihkan bagian penggerak penyapu kaca. Sebab, apabila komponen tersebut kotor dapat menghambat pergerakan wiper.

    • Kondisi dinamo wiper mobil

    Selain cek kondisi kaca dan gerakan wiper mobil. Pastikan Anda juga cek kondisi dinamo wiper mobil masih normal? Apabila ternyata rusak akibat korsleting arus listrik, sebaiknya diganti saja dengan dinamo wiper mobil yang baru.

    • Kondisi semprotan

    Tak kalah penting cek wiper mobil bagian semprotan air yang menyembur dari bagian wisher normal dan deras. Namun, apabila semburannya kecil, biasanya disebabkan kondisi lubang wisher yang kotor. Untuk itu, segera bersihkan komponen tersebut dengan mengkocok-kocok dengan air sampai kotorannya benar-benar hilang.

    • Usia wiper mobil

    Cek juga usia wiper mobil. Apabila usia wiper sudah tua, biasanya sudah tidak bisa berfungsi dengan normal. Misalnya saja karet yang sobek, dinamo yang terbakar, dan lainnya. Untuk itu, sebaiknya gantilah dengan karet wiper yang baru.

    • Kondisi Kaca Mobil 

    Selain cek wiper mobil, pastikan Anda juga memeriksa kondisi kaca mobil. Jika ternyata banyak baret, maka biasanya ada bagian wiper mobil yang bermasalah. 

    • Jenis wiper mobil yang dipakai